Friday, May 04, 2007

Yang didapat dari Seminar Brad Sugars kemarin

Terus terang banyak yang saya dapat dari acara seminar yang berjudul "Billionaire in Training" kemarin. Sebagian adalah ilmu baru, sebagian adalah ilmu lama tetapi kembali me-refresh ingatan saya, sebagian lagi adalah inspirasi yang memberikan saya beberapa ide baru.

Setiap kali saya ikut seminar begini, saya selalu ingat kata Billy Lim, bahwa kita harus humble, harus datang seperti gelas yang kosong dan bukan gelas yang sudah penuh, sehingga kita bisa menyerap banyak ilmu dari pengajar/pembicaranya. So begitu Mr. Brad mulai ngomong, saya langsung ambil buku dan mencatat.

Beberapa kutipan yang saya catat dari ucapannya diantaranya :
- To be a millionaire, you get it by Learning, not Earning (maksudnya, untuk bisa jadi miliuner, Anda mencapainya dengan belajar, bukan dengan bekerja pada orang lain - earn = memperoleh penghasilan)

- Money is simple, but not easy.

- Yang menarik => Leverage adalah do the work once, get pay forever (kerja satu kali, tapi mendapatkan penghasilan selamanya), contohnya :
a. Tulis buku 1x, sesudah itu dijual di pasaran dan mendapatkan income selamanya dari hasil penjualan tsb.
b. Membeli sebuah property lalu disewakan kepada orang lain. Kerja 1x, sesudah itu menghasilkan uang seterusnya.
c. Beli sebuah bisnis, dan meraih profitnya selamanya.

- Brad mengatakan bahwa banyak orang tidak punya strategi untuk mencapai passive income, tetapi punya banyak strategi untuk active income.

- The best strategy is to start your own business.

- Wealth created by selling business, not by running business. (You don't make a lot of money selling milk, but you make a lot of money by selling milk business)

- Apa beda seorang investor dengan penjudi? Investor punya sekumpulan aturan (set of rule)yang harus dipatuhi dan dijalankan. Seorang penjudi tidak punya aturan sama sekali (no rule).

dan masih banyak lagi yang dijelaskan, tetapi menggunakan gambar/diagram.

Semuanya yang dijelaskan Brad bisa di baca pada bukunya "Billionaire in Training".

Di seminar kemarin Brad juga mengajarkan beberapa tips untuk membeli suatu bisnis, caranya bagaimana, apa saja yang menjadi kriteria atau tolak ukur dalam membeli sebuah bisnis,dsb.

Brad juga menjelaskan tingkatan/tangga2 yang harus dilalui seseorang mulai dari sebagai pekerja hingga menjadi seorang entrepreneur. Dari Active income menjadi Passive Income.

Buat yang mau tahu dan ingin lebih banyak lagi mendapat ilmu dari Brad Sugars, bisa download free ebooksnya di :
http://www.bradsfreeebooks.com/

No comments: