Tuesday, May 08, 2007

The Wealth Formula

Hari ini saya mereview kembali apa yang saya pelajari dari Roger Hamilton (www.rogerhamilton.com).
Satu rumusan yang sangat membuka mata saya tentang pencapaian kesuksesan dalam bisnis adalah paparannya mengenai Wealth Formula.

Apa itu rumus Wealth Formula ?

Wealth = Value x Leverage

Semakin besar value produk/jasa kita dan semakin banyak leverage yang kita terapkan pada bisnis/jasa kita, maka semakin besar pula wealth yang bisa dicapai.

Apa itu value? Mungkin istilah kasarnya adalah nilai/manfaat dari produk/jasa Anda. Semakin besar manfaat yang dirasakan/diterima customer Anda dari produk/jasa Anda, maka berarti value-nya makin besar pula.
Value jugalah yang membuat orang mau mengeluarkan uangnya dan menukarkannya dengan produk/jasa Anda.
Contoh yang sederhana, misalkan handphone.
Ada handphone A yang harganya puluhan juta, tapi ada juga handphone B yang harganya hanya ratusan ribu.

Lantas mengapa orang-orang banyak yang memilih membeli handphone A walaupun harganya jauh berbeda dengan yang B? Karena value-nya.
Handphone A lebih banyak fiturnya, lebih keren designnya, lebih canggih teknologinya, lebih tipis, lebih ringan, lebih kecil, dan kadang-kadang juga bisa membuat pemakainya lebih bergengsi.
Semua value tsb yg kemudian membuat orang mau membeli handphone A.

Bagaimana dengan produk/jasa kita? Bagaimana customer kita memandang value dari produk/jasa kita? Kita harus bisa melakukan penilaian thd value yang kita tawarkan.
Kalau ternyata valuenya kecil, atau biasa2 saja, ya wajar saja kalau angka penjualan juga biasa2 saja, karena memang customer tidak mau mengeluarkan uangnya lebih banyak atau bahkan sama sekali tidak mau mengeluarkan uangnya untuk membeli produk/jasa kita.

Coba pikirkan, mengapa ada perusahaan yang berani membayar seorang pembawa acara yang tarifnya mencapai puluhan juta untuk sekali tampil, sedangkan banyak tersedia pembawa acara yang jauh lebih murah?

Mengapa perusahaan2 berani membayar ratusan juta bahkan miliaran untuk seorang bintang iklan?

Mengapa ada mobil yang mencapai miliaran dan laku keras, padahal banyak mobil yang harganya jauh lebih murah?

Mengapa orang mau menginap di hotel yang tarifnya puluhan bahkan ratusan juta permalam?

So bagaimana dengan produk/jasa Anda?

Lalu apa itu leverage? Tunggu tulisan saya yang akan datang tentang leverage. Yang pasti leverage adalah sebuah kata yang telah mengantarkan banyak pengusaha menjadi milyarder dunia.

Dagg...

No comments: